Tip Bermagang di Google dan Square dari Rakina Zata Amni


9COMMENTS
Rakina Zata Amni | Featured Image
Bagi seorang Rakina Zata Amni, mahasiswi jurusan ilmu komputer, bisa menjadi magang di Silicon Valley adalah sebuah mimpi. Dan saat ini, ia mewujudkannya di kantor pusat Google, Mountain View departemen riset dan kecerdasan mesin.

“Saya tidak bisa berbicara banyak tentang apa yang saya lakukan di sini,” ungkap Rakina. Para pegawai magang di Google menandatangani sebuah perjanjian untuk menjaga kerahasiaan perusahaan. “Tim saya sedang mengerjakan sesuatu yang penting untuk pemrosesan bahasa alami (PBA atau NLP) milik Google.”
Meski belum lulus kuliah, ini adalah kali kedua Rakina bermagang di perusahaan yang bermarkas di Silicon Valley.
Tahun sebelumnya, Rakina menjalani program magang selama tiga bulan di Square. Ia bertugas mengerjakan sebuah mesin rekomendasi untuk startup pesan antar makanan yang diakuisisi oleh perusahaan pembayaran tersebut.
Merasakan banyak hal keren di Silicon Valley – beragam pilihan makanan sehat, tamasya kantor dengan perahu, beragam permainan seru – hanyalah segelintir dari banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari program magang ini. Yang lebih penting, kata Rakina, adalah tugas-tugas yang ia kerjakan di sana membuatnya sadar bahwa ada bakat terpendamnya dalam bidang kecerdasan buatan, khususnya pembelajaran mesin.
Googleplex-life2 | Image
Kehidupan di Googleplex yang seru. Sumber: Rakina Zata Amni
Ia berharap suatu saat nanti bisa bekerja secara penuh waktu di AS. Namun saat ini ia harus merampungkan kuliahnya terlebih dahulu di Universitas Indonesia. Rakina mencari peluang untuk bekerja dengan startup lokal agar menjaganya tetap produktif di tahun akhir perkuliahannya.
Dengan pencapaian dan rencananya tersebut, Rakina tampak sangat fokus. Tapi ia mengaku bahwa sama seperti mahasiswa lain, dulu ia mulai dengan “tidak tahu apa-apa.”
Meski begitu, kebulatan tekad dan perencanaan yang pintar lah yang membawanya maju. Dan berikut adalah kiat-kiat yang ia lakukan untuk bisa bermagang di perusahaan Silicon Valley.

Melupakan kegagalan awal

Rakina tahu ia ingin bekerja di perusahaan yang bermarkas di Silicon Valley sejak ia masih di SMA. Tapi, berbeda dengan remaja lain yang hanya menyimpan mimpi mereka sebatas angan-angan, Rakina mencari cara untuk menjalankan idenya.
“Ketika memulai tahun pertama kuliah di universitas, saya (mengambil) beberapa langkah untuk mewujudkan mimpi tersebut,” kenangnya.
Ia mengikuti kompetisi coding, membangun situs, dan memutuskan untuk terjun langsung. “Saya mendaftar di situs karier beberapa perusahaan besar dan tidak mendapat balasan dari mereka.”
Kesulitan ini mungkin menyebabkan banyak orang menyerah, tapi tidak bagi Rakina. Ia memikirkan bagaimana cara agar perusahaan mau meliriknya.

”Mendandani” CV

writing | Image
Sumber: dotmatchbox
“Saya akhirnya menghabiskan libur tahun pertama kuliah saya untuk berkontribusi pada proyek open source dan pembinaan tim Olimpiade Informatika Jakarta, sehingga saya punya pengalaman yang lebih baik untuk ditulis di CV,” kenangnya.
Ia juga mencari banyak informasi dan akhirnya menemukan sebuah program mentoring bernama Indo2SV. Program ini merupakan buah karya para engineer perangkat lunak asal Indonesia yang berhasil sampai ke Silicon Valley. Mereka kini membantu pelajar Indonesia menemukan program magang software engineering di sana.

Meminta bantuan

“[Saat] itu adalah tahun pertama dari program tersebut, dan bagi saya itu adalah jawaban dari mimpi saya,” ujar Rakina.
Ia tidak malu untuk meminta bantuan pada orang yang lebih berpengalaman. “Saya langsung mendaftar dan untungnya diterima lalu dipasangkan dengan seorang mentor.”

Latihan berjam-jam

Yang terjadi selanjutnya adalah serangkaian simulasi wawancara dan berjam-jam latihan.
“Saya berlatih setiap minggu dan secara terus-menerus membaca cerita wawancara dan pertanyaan-pertanyaan [yang biasa diajukan],” kata Rakina.
Ia juga harus mengalahkan sikap malunya. “Saya dulu bahkan tidak bisa secara lancar menghadapi wawancara melalui telepon atau video selama lebih dari 5 menit. Jadi, menghadapi wawancara selama 45 atau lebih tentunya adalah hal yang sangat menantang.”

Jangan terpaku pada perusahaan tertentu

Rakina Zata Amni di Square | Photo
Rakina dan mentornya di Square. Sumber: Rakina Zata Amni
Rakina kemudian mendaftar di berbagai perusahaan, bukan hanya di perusahaan yang ia idam-idamnkan. Selain itu ia juga meminta arahan dari mentornya.
“Tidak seperti tahun sebelumnya, saya kali ini justru mendaftar di perusahaan-perusahaan yang tak pernah terpikirkan oleh saya.”
Akhirnya, Rakina mendapat tanggapan positif dari beberapa perusahaan. Ia kemudian memilih Square karena menilai program magang yang ditawarkan perusahaan ini paling sesuai dengannya.
“Saya sangat terkesan dengan para pewawancara dari Square yang tampak benar-benar tertarik pada apa yang telah saya lakukan.” Menurut Rakina, mereka juga memberi banyak tip berharga yang membuatnya yakin bahwa startup ini akan menjadi tempat belajar yang bagus untuknya.

Terus menambah pengalaman

Setelah bermagang di Square, Rakina bisa saja bangga karena mimpinya telah tercapai. Tapi ia bertekad untuk memanfaatkan masa kuliahnya semaksimal mungkin, sehingga ia memutuskan untuk kembali mendaftar program magang lain. Meski kali ini Rakina mendaftar tanpa bantuan dari mentor, ia mendapat balasan dari perusahaan besar seperti Uber, Dropbox, dan Google. Akhirnya ia memilih tawaran dari perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin tersebut.
“Saya kira sekarang lebih mudah karena sudah ada Square di CV saya, sehingga saya langsung mendapat balasan beberapa hari kemudian. Saya menghadiri dua wawancara melalui telepon dan berjalan dengan lancar.”

Belajar dari kultur di luar kantor

Googleplex-life | Image
Kehidupan di Googleplex yang seru. Sumber: Rakina Zata Amni
Ketika sampai di Google, Rakina sadar bahwa ia tidak hanya akan belajar coding, tapi juga membawa pulang berbagai pengalaman baru jika ia menceburkan diri dalam budaya di luar kantor.
“Ketika saya tidak mengerjakan coding, saya mengikuti beragam aktivitas yang disediakan Google untuk para magang dan karyawan tetapnya seperti olahraga, diskusi teknologi, kelas, dan bahkan pesta untuk karyawan,” ujar Rakina. Ia berkemah di Yosemite bersama salah satu rekan kerja dan keluarganya.
“Apa yang membuat saya terkesan dengan Silicon Valley: Mereka hidup dan bernapas dengan teknologi! Budaya [di sini] sangat progresif, menyenangkan, dan sehat. Semua orang berolahraga dan makan makanan sehat.”
(Artikel ini pertama kali dipublikasikan dalam bahasa Inggris oleh Nadine Freischlad. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi. Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; Sumber gambar: Rakina Zata Amni)

ABOUT LINA

Seorang INFP yang senang berdiskusi mengenai sepak bola, film, dan sastra. Penggemar berat Liverpool FC ini bisa Anda hubungi melalui @ririnoviand

Komentar

POPULER

Lima keuntungan bekerja di co-working space

12 Ide Internet of Things yang Terpilih di Acara IoT Academy Compfest 8

GAPTEK BUKAN PENGHALANG KAMU UNTUK BANGUN STARTUP

Ide Startup Menarik Minggu Ini — 12 Juni 2017

Kamera 360 Derajat – Cara Baru Penyebaran Informasi yang Sarat Potensi